Review: The Merciless (2017)


Diarahkan oleh Byun Sung-hyun berdasarkan naskah cerita yang juga ditulis oleh Byun sendiri, The Merciless berkisah mengenai persahabatan yang terjalin antara Han Jae-ho (Sol Kyung-gu) dan Jae Hyun-soo (Im Si-wan) ketika mereka sama-sama menjalani masa hukuman mereka di dalam penjara. Setelah melalui berbagai tantangan di dalam penjara, termasuk beberapa kekacauan yang terjadi akibat perebutan kekuasaan antara para narapidana, Jae-ho memutuskan untuk memperkenalkan Hyun-soo pada organisasi kriminalnya yang dipimpin Ko Byung-Chul (Lee Kyeong-yeong) sekaligus mengajaknya untuk bergabung selepas masa hukuman mereka berakhir. Berkat hubungan persahabatan keduanya yang kental itulah organisasi kriminal mereka meraih banyak kesuksesan. Namun, di saat yang bersamaan, seorang polisi yang bertekad untuk membongkar berbagai kejahatan yang telah dilakukan oleh organisasi kriminal tersebut, Cheon In-sook (Jeon Hye-jin), telah memiliki rencana untuk dapat meraih tujuannya, termasuk dengan membongkar rahasia dan masa lalu dari Han Jae-ho dan Jae Hyun-soo.

Setelah sebelumnya mengarahkan sebuah drama (The Beat Goes On, 2012) dan sebuah komedi romantis (Whatcha Wearin’?, 2012), The Merciless jelas merupakan sebuah wilayah pengarahan yang berbeda bagi Byun. Jika ingin membandingkan The Merciless dengan banyak film-film produksi Korea Selatan bertema sama lainnya, The Merciless harus diakui sama sekali tidak menawarkan sesuatu yang baru dalam presentasinya. Byun sepertinya menyadari “kelemahan” tersebut dan lantas coba menutupinya dengan alur cerita yang dipenuhi oleh berbagai kejutan: mulai dari linimasa penceritaan yang tidak tersusun linear hingga berbagai kejutan dalam penceritaan yang berasal dari konflik maupun karakter film ini. Sebuah pilihan yang sebenarnya tidak buruk. Namun ketika Byun mencoba mengecoh penontonnya berulang kali dengan trik yang sama, eksekusi penceritaan tersebut secara perlahan akhirnya kehilangan daya tariknya dan justru memberikan rasa kejemuan tersendiri.

Meskipun tidak memberikan presentasi cerita yang terlalu baru namun kualitas produksi yang dihadirkan Byun dalam The Merciless hadir dalam kualitas yang berkelas – sebuah tingkatan kualitas yang jelas selalu hadir dalam film-film produksi Korea Selatan. Byun sama sekali tidak menahan diri dalam menyajikan kebrutalan yang ingin ia sampaikan dalam filmnya. Deretan adegan aksi yang ia eksekusi mampu memberikan banyak momen menegangkan bagi The Merciless. Pengarahan Byun juga mampu menjaga The Merciless untuk tetap hadir menghibur dalam ritme pengisahan yang tertata dengan baik di sepanjang 117 menit durasi pengisahannya. Tidak lupa, Byun juga sukses untuk mendapatkan penampilan yang sangat meyakinkan dari barisan pengisi departemen akting filmnya. Mulai dari Sol dan Im hingga Lee dan Jeon serta deretan pemeran pendukung lainnya, departemen akting The Merciless hadir dalam kualitas yang sangat solid.

Berperan sebagai sosok kriminal yang sama sekali tidak mengenal rasa takut, Sol mampu menjadikan karakter Han Jae-ho sebagai sosok berkharisma yang layak untuk ditakuti sekaligus dikagumi keberadaannya. Chemistry yang ia bangun bersama dengan Im juga membuat persahabatan antara dua karakter yang mereka perankan seringkali terasa begitu emosional. Penampilan Im sendiri mampu tampil mengimbangi kekuatan akting Sol. Dengan karakter yang memiliki kepribadian yang kompleks dan menyimpan dua kepentingan pribadi yang saling bertentangan, Im berhasil menampilkan karakternya dengan tanpa cela. Dua penampilan yang menjadi elemen esensial mengapa The Merciless tidak pernah terasa membosankan terlepas dari presentasi yang tidak terlalu memorable akibat beberapa kelemahan penceritaanya. [B-]

the-merciless-Bulhandang-movie-posterThe Merciless (Bulhandang) (2017)

Directed by Byun Sung-hyun Produced by Lee Jin-hee, Yoon Ji-won, Park Ji-sung, Ahn Eun-mi Written by Byun Sung-hyun Starring Sol Kyung-gu, Im Si-wan, Kim Hee-won, Jeon Hye-jin, Lee Kyeong-yeong, Jang In-sub, Kim Ji-hoon, Lee Ji-hoon, Choi Byung-mo, Moon Ji-yoon, Nam Gi-ae, Heo Joon-ho, Shin So-yul, Kim Bo-mi, Lee Mi-so, Kim Sung-oh Music by Kim Hong-jip, Lee Jin-hee Cinematography Cho Hyoung-rae Editing by Kim Jae-bum, Kim Sang-bum Studio CJ E&M Corp. Running time 117 minutes Country South Korea Language Korean

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s