Review: Test Pack: You’re My Baby (2012)


Diangkat dari novel berjudul sama karya Ninit Yunita yang pertama kali dirilis pada tahun 2005, Test Pack: You Are My Baby berkisah mengenai pasangan menikah, Rachmat (Reza Rahadian) dan Tata (Acha Septriasa), yang sedang berupaya untuk melengkapi susunan keluarga mereka dengan memperoleh seorang anak. Sebenarnya, kehadiran seorang anak dalam pernikahan Rachmat dan Tata bukanlah sebuah hal yang dirasa penting. Namun, setelah usia pernikahan yang telah mencapai tujuh tahun, Tata akhirnya merasa bahwa kehadiran seorang anak adalah sebuah hal yang wajib. Akibatnya, kini keseharian hidup pasangan itu dihiasi dengan berbagai eksperimen yang dinilai dapat membantu mereka untuk mendapatkan seorang penerus garis keturunan. Sayangnya… usaha tersebut sepertinya tidak kunjung berhasil.

Setelah beberapa saat, Rachmat dan Tata memutuskan bahwa kini adalah saat yang tepat bagi mereka untuk mendapatkan opini dari seorang ahli medis. Beberapa kali kunjungan konsultasi ke ahli kandungan ternyata memberikan tekanan mental yang begitu kuat kepada Rachmat. Ia menjadi merasa ketakutan bahwa dirinya adalah faktor yang membuat pernikahan mereka tidak kunjung dikaruniai seorang anak hingga kini. Ketakutan tersebut kemudian mendorong Rachmat secara perlahan menjauh dari Tata… dan berhubungan kembali dengan mantan kekasihnya, Shinta (Renata Kusmanto) – yang ternyata baru saja diceraikan suaminya, Heru (Dwi Sasono), akibat tidak mampu memberikan keturunan. Niat yang awalnya untuk memperoleh sebuah berkah justru kemudian berbalik menjadi ujian terbesar dalam pernikahan Rachmat dan Tata.

Dengan tema penceritaannya yang jauh lebih dewasa, Test Pack: You Are My Baby jelas akan mampu memberikan kepuasan tersendiri bagi para penggemar drama romansa Indonesia yang menganggap Perahu Kertas sedikit bernuansa terlalu remaja bagi mereka. Dengan naskah yang diadaptasi oleh Adhitya Mulya, Test Pack: You Are My Baby mampu menghadirkan rangkaian drama yang dengan fasih menangkap bagaimana setiap usaha dari kedua karakter utamanya dalam memperoleh keturunan. Berbeda dengan kebanyakan drama romansa lainnya, sama sekali tidak ada yang dihadirkan secara berlebihan dalam film ini. Setiap bagian drama dihadirkan secara natural – tanpa pernah terlihat berusaha keras untuk mencoba membuat penontonnya merasa tersentuh akan kisah yang disajikan – dengan deretan karakter yang juga begitu membumi dan mudah untuk untuk disukai.

Tantangan terbesar bagi Monty Tiwa jelas adalah bagaimana untuk mendeskripsikan Test Pack: You Are My Baby yang hanya berisi dua konflik besar tersebut menjadi sebuah jalan penceritaan berdurasi 109 menit tanpa pernah terasa membosankan. Well… pada beberapa bagian, usaha tersebut berhasil. Dengan memasukkan unsur komedi yang datang dari karakter-karakter seperti dr Peni S. – seriously! – atau pasangan Bapak dan Ibu Sutoyo, penonton diberikan penyegaran yang cukup layak untuk kemudian dapat kembali ke akar permasalahan film ini yang sebenarnya. Namun, Test Pack: You Are My Baby juga tidak lepas dari momen-momen dimana konflik usaha mendapatkan keturunan yang dialami oleh pasangan karakter Rachmat dan Tata telah terasa terlalu panjang atau kisah hubungan antara karakter Rachmat dan Shinta yang gagal untuk tampil lebih mendalam dan justru seringkali terlihat klise.

Karakter-karakter dalam jalan cerita Test Pack: You Are My Baby dihadirkan secara begitu sederhana dan tidak pernah tampil begitu overly-dramatic. Selain dari keberhasilan Adhitya Mulya dalam menggambarkan deretan karakter tersebut, mudahnya penonton untuk merasa terkoneksi pada jalan cerita film ini juga muncul akibat briliannya penampilan para pengisi departemen akting yang menghidupkan karakter-karakter tersebut. Reza Rahadian… well… salah satu aktor terbaik di generasinya dan berhasil kembali membuktikan gelar tersebut dalam perannya sebagai Rachmat di film ini. Acha Septriasa juga berhasil menampilkan kedewasaan penampilannya, baik secara akting maupun… ehmmm… penampilannya. Chemistry yang tercipta antara Reza dan Acha juga tampil begitu kuat dan meyakinkan. Monty Tiwa juga berhasil mengeluarkan sisi terbaik dari penampilan Renata Kusmanto – yang memang seringkali terlihat datar dalam kebanyakan penampilannya, namun berhasil tampil kuat di film ini. Dukungan penampilan akting lainnya dari Meriam Bellina, Jaja Mihardja, Oon, Gading Marten, Uli Herdinansyah serta Dwi Sasono mampu mempertegas kualitas departemen akting di film ini.

Selain deretan lagu latar yang terasa begitu mengganggu – please, Monty. Make it stop! – karena dinyanyikan oleh deretan penyanyi dengan kualitas vokal yang medioker serta beberapa bagian penceritaan yang terasa dieksplorasi terlalu panjang maupun tidak berhasil digali dengan lebih mendalam, Test Pack: You Are My Baby adalah sebuah drama romansa yang berhasil tampil kuat. Naskah cerita dan deretan karakter yang sederhana mampu dieksekusi Monty Tiwa menjadi sebuah drama kehidupan yang berhasil hadir dengan meyakinkan. Didukung dengan deretan penampilan akting berkelas dari Reza Rahadian, Acha Septriasa dan Renata Kusmanto, Test Pack: You Are My Baby adalah sebuah drama romansa dewasa yang telah lama dirindukan hadir di industri film Indonesia.

Test Pack: You’re My Baby (Starvision Plus, 2012)

Test Pack: You’re My Baby (2012)

Directed by Monty Tiwa Produced by Chand Parwez Servia, Fiaz Servia Written by Adhitya Mulya (screenplay), Ninit Yunita (novel, Test Pack) Starring Reza Rahadian, Acha Septriasa, Renata Kusmanto, Meriam Bellina, Jaja Mihardja, Oon, Karissa Habibie, Uli Herdinansyah, Dwi Sasono, Gading Marten, Tora Sudiro, Ratna Riantiarno, Endhita, Fitria Sechan, Poppy Sovia, Agung Hercules, Ade Habibie Music by Bongky Marcel, Ganden Bramanto Cinematography Rollie Markiano Editing by Cesa David Luckmansyah Studio Starvision Plus Running time 109 minutes Country Indonesia Language Indonesian

Advertisements

5 thoughts on “Review: Test Pack: You’re My Baby (2012)”

  1. Baru nonton film ini semalam dan memang benar film ini terasa sangat down to earth dan tidak terlalu berlebihan dalam dramatisasi-nya.
    Salah satu romance movie terbaik yang dimiliki Indonesia di daftar film-nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s