Review: The Romantics (2010)

Tujuh orang sahabat di masa kuliah, yang menyebut diri mereka sebagai The Romantics, kembali berkumpul setelah tidak saling bertemu satu sama lain selama enam tahun, untuk merayakan pernikahan dua orang diantara mereka, Lila (Anna Paquin) dan Tom (Josh Duhamel). Konflik mulai berjalan seiring dengan kedatangan Laura (Katie Holmes), sahabat Lila sekaligus mantan kekasih Tom yang masih memendam hasrat cinta kepada pria tersebut. Sebuah premis yang menjanjikan dan mungkin akan dapat dieksekusi dengan sangat baik serta tampil menarik jika saja sutradara, Galt Neiderhoffer, berhasil menggali kedalaman setiap karakter dan tidak terlalu memfokuskan film ini pada kisah utama yang ingin ia hadirkan.

Dalam 92 menit durasi tayang film ini, The Romantics sama sekali gagal dalam menghadirkan sebuah jalan cerita yang esensial untuk penontonnya. Kebanyakan, The Romantics justru diisi dengan adegan-adegan panjang mengenai keresahan Lila dalam menyambut pernikahannya, keresahan Laura dalam merelakan mantan kekasihnya dinikahi sahabatnya, dialog-dialog nostalgia antara ketujuh karakter tersebut atau adegan panjang ketika ketujuh karakter tersebut menghabiskan malam dengan bersenang-senang di pantai. Tentu, ‘perang dingin’ yang terjadi antara Lila dan Laura cukup dapat tergambar dengan banyaknya momen canggung yang tercipta ketika kedua karakter ini bertemu. Dan momen inilah yang terus menerus dihadirkan untuk dapat menjaga intensitas film, yang akhirnya justru terasa menjemukan dan tidak menarik.

Di sisi lain, sutradara Galt Neiderhoffer cukup mampu menggambarkan karakter Lila dan Laura dengan cukup baik. Tidak sempurna, namun diantara karakter-karakter lain yang hadir di film ini, karakter Lila dan Laura merupakan dua karakter yang mampu digambarkan dengan cukup mendalam. Anna Paquin mampu memberikan sebuah faktor khusus yang dapat membuat Lila terlihat begitu rapuh sekaligus tegar dalam menghadapi ketegangan yang hadir menjelang pernikahannya. Neiderhoffer sempat beberapa kali terasa ingin membuat agar penonton kurang begitu menaruh rasa simpati pada karakter Lila dengan sifatnya yang sedikit egois. Namun dengan apa yang dihadirkan Paquin, karakter Lila justru menjadi karakter yang sepertinya paling wajar untuk diberikan rasa simpati itu.

Sementara itu, penonton justru diarahkan untuk merasakan bagaimana karakter Laura menghadapi rasa sakit hatinya ketika melihat sahabatnya akan menikahi mantan kekasihnya yang masih ia cintai. Katie Holmes cukup mampu membawakan kompleksitas karakter Laura dengan sangat baik. Walau begitu, setelah beberapa saat karakter Laura terlihat seperti dibutakan oleh rasa cemburunya, dan terlihat beberapa kali berusaha menggagalkan pernikahan tersebut, rasa simpati penonton secara perlahan akan mulai menjauh dari karakter ini. Tidak berpengaruh pada kemampuan akting Holmes yang menjadikan peran Laura mungkin adalah peran terbaiknya setelah berperan sebagai April pada film Pieces of April (2003). Menjelang penghujung film, seperti yang dapat ditebak, karakter Lila dan laura akhirnya saling berhadapan satu sama lain. Adegan ini merupakan adegan paling emosional dan adegan terbaik di seluruh durasi film ini.

Karakter Tom yang diperankan oleh Josh Duhamel sebenarnya mendapatkan bagian kisah yang cukup mendalam. Namun, harus diakui, penampilan Duhamel sama sekali tidak mampu untuk menonjolkan karakter Tom sehingga dapat menjalin hubungan dengan penontonnya, Walau begitu, chemistry yang dibentuk Duhamel ketika karakternya berada bersama dengan karakter yang diperankan Katie Holmes atau Anna Paquin cukup mampu memberikan kesan bahwa hubungan yang mereka jalin terasa cukup nyata untuk disaksikan.

Selain ketiga karakter tersebut, The Romantics masih menghadirkan empat karakter lainnya, Tripler (Malin Akerman), Pete (Jeremy Strong), Jake (Adam Brody) dan Weesie (Rebecca Lawrence), sebagai bagian dari kelompok The Romantics yang sayangnya juga terbuang dengan percuma dalam penceritaan film ini. Jangan salah, karakter-karakter ini diberikan cukup banyak dialog. Namun tak satupun diantara dialog-dialog tersebut yang mampu untuk mengungkapkan siapa diri mereka dan hal-hal lain yang mampu membuat keberadaan mereka dapat dipedulikan oleh penonton film ini. Tidak berbeda dengan empat karakter tersebut, kehadiran Candice Bergen, Elijah Wood dan Dianna Agron juga tidak mampu membawakan cerita The Romantics menjadi lebih baik akibat terbatasnya karakterisasi mereka.

Seiring dengan bergeraknya durasi waktu, The Romantics sebenarnya cukup mampu membangun jalan ceritanya, walaupun secara keseluruhan hal tersebut terasa cukup terlambat dan terlanjur telah membuat kebanyakan penontonnya merasa jenuh dengan kisah cinta yang dihadirkan secara berputar-putar. Menampilkan jalan cerita yang berjalan tak menentu dengan karakter-karakter yang tidak terlalu menarik akibat kurangnya karakterisasi yang mendalam, The Romantics gagal dalam memanfaatkan potensi dari para jajaran pemerannya sekaligus gagal dalam mengembangkan potensi intensitas yang tersimpan di dalam ceritanya.

The Romantics (10th Hole Productions/Benaroya Pictures/Four of a Kind Productions/Plum Pictures/Raging Bull Entertainment/Tax Credit Finance/Team Todd/Falcon Films/Paramount Famous Productions, 2010)

The Romantics (2010)

Directed by Galt Niederhoffer Produced by Galt Niederhoffer Written by Galt Niederhoffer Starring Katie Holmes, Anna Paquin, Josh Duhamel, Dianna Agron, Adam Brody, Malin Åkerman, Elijah Wood, Jeremy Strong, Rebecca Lawrence, Candice Bergen Music by Jon Sadoff Cinematography Sam Levy Editing by Jacob Craycroft Studio 10th Hole Productions/Benaroya Pictures/Four of a Kind Productions/Plum Pictures/Raging Bull Entertainment/Tax Credit Finance/Team Todd Distributed by Falcon Films/Paramount Famous Productions Running time 92 minutes Country United States Language English

2 thoughts on “Review: The Romantics (2010)”

  1. ngeliat jajaran pemainnya, film ini berpotensi jadi film paling eye-candy ya haha waktu itu saya pernah nntn trailernya taun lalu, bingung kok gak begitu booming, ternyata memang gak begitu bagus ya hehe

Leave a Reply