Review: Did You Hear About the Morgans? (2009)


Did You Hear About the Morgans? adalah sebuah film drama komedi yang dibintangi oleh Hugh Grant dan Sarah Jessica Parker. Film ini disutradarai, dan ditulis naskah ceritanya, oleh Marc Lawrence, yang sebelumnya telah bekerjasama dengan Grant dalam dua film sebelumnya, Two Weeks Notice (2002) dan Music and Lyrics (2007).

Berkisah mengenai pasangan Meryl (Parker) dan Paul Morgan (Grant) yang saat ini sedang berada di ambang perceraian mereka. Semakin padatanya jadwal pekerjaan diantara mereka berdua, penolakan Paul untuk memiliki anak, ditambah terungkapnya perselingkuhan Paul oleh Meryl, menyebabkan ketegangan antara pasangan yang telah lama menikah ini semakin menjadi setiap harinya. Walau begitu, Paul, yang merasa masih sangat mencintai Meryl, masih merasa bahwa dirinya dapat mengusahakan dirinya kembali berbaikan dengan Meryl.

Satu malam, atas inisiatif Paul, Meryl akhirnya mau  meluangkan waktu untuk makan malam dengan Paul. Sepulang dari makan malam tersebut, pasangan ini melihat terbunuhnya salah seorang klien Meryl. Sang pembunuh yang melihat pasangan ini, kemudian melakukan pengejaran terhadap mereka. Beruntung, polisi segera menangani masalah ini. Untuk melindungi mereka, polisi akhirnya memasukkan pasangan ini ke dalam program perlindungan saksi dan merelokasi mereka ke sebuah kota kecil di Wyoming.

Walau pada awalnya merasa kota kecil tersebut sangat tidak sesuai dengan kehidupan mereka, namun ternyata perlahan-lahan hubungan antara Paul dan Meryl mulai membaik. Keduanya menjadi lebih sering terlibat berbagai percakapan pribadi mengenai hubungan mereka selama ini. Namun, jauh di suatu tempat lain, sang pembunuh ternyata telah menemukan tempat Paul dan Meryl direlokasikan. Dan sang pembunuh segera berniat untuk datang menghabisi keduanya.

Sarah Jessica Parker dan Hugh Grant? Seriously? Mungkin hal ini yang ada dibenak banyak orang ketika mendengar premis Did You Hear About the Morgans?. Belum lagi ditambah dengan poster film ini yang sangat tidak menjanjikan, mungkin tidak akan ada orang yang benar-benar menantikan perilisan film ini. Tetapi, jika Anda berani untuk mengambil kesempatan dan mencoba menyaksikan film ini, Did You Hear About the Morgans? sebenarnya tidaklah seburuk itu.

Did You Hear About the Morgans? bukanlah sebuah film komedi romantis yang berniat untuk menjadi sebuah film komedi romantis yang dapat dikenang sebagai sebuah film yang sangat berkualitas, seperti layaknya Love, Actually atau Notting Hill yang juga dibintangi Hugh Grant. Film ini bahkan sepertinya tidak terlalu berusaha untuk menjadi film di kategori tersebut. Did You Hear About the Morgans? sepertinya murni dibuat atas dasar komersial dengan memanfaatkan daya tarik kedua bintang utamanya. Dan hal itu, dapat dikatakan cukup berhasil dengan film ini.

Dengan naskah yang tidak buruk, namun masih jauh dari gelar sebuah naskah yang baik, film ini memiliki beberapa momen-momen komedinya tersendiri, khususnya momen yang melibatkan Hugh Grant. Grant masih seorang aktor spesialis komedi romantis yang pernah kita lihat di film-filmnya sebelum ini. Ia, dan aktingnya, tidak banyak berubah disini. Ia masih berperan sebagai seorang pria dengan aksen Inggris yang kikuk dan sering melontarkan berbagai lelucon di saat yang tidak tepat. Untungnya, hal tersebut sepertinya tidak pernah gagal dengan Grant… well… minimal di beberapa bagian masih sangat berhasil.

Chemistry antara Grant dan Sarah Jessica Parker memang terlihat sangat tidak memuaskan di awal-awal film. Namun, seiring dengan berjalannya film ini, chemistry tersebut mulai terlihat antara keduanya, walaupun tidak pernah terlihat terjalin dengan benar-benar baik. Parker memang terlihat sedikit kaku di beberapa bagian di film ini, yang mungkin akan membuat sebagian yakin bahwa Parker tidak akan mampu berakting seluwes dan semulus penampilannya ketika ia sedang bersama tiga temannya di Sex and the City.

Selain duo Grant dan Parker, Did You Hear About the Morgans? juga memiliki pasangan Emma (Mary Steenburgen) dan Clay Wheeler (Sam Elliott), yang berperan sebagai keluarga yang menampung pasangan Paul dan Meryl di Wyoming. Tidak istimewa memang, namun kehadiran pasangan ini cukup menambah kesegaran di sepanjang film ini.

Did You Hear About the Morgans? bukanlah sebuah wilayah akting baru bagi Hugh Grant. Para penonton telah melihat aktingnya dengan nada yang sama di film-film sebelumnya, dan ia kembali mengulanginya di film ini. Untungnya, Grant sangat baik dalam memerankan karakter tersebut dan memiliki daya tarik yang cukup baik untuk dapat menutupi berbagai kelemahan yang ada di sisi naskah film ini. Chemistry-nya dengan Parker memang tidaklah sebaik chemistry yang ia punya dengan beberapa aktris yang pernah berpasangan dengannya. Namun hal tersebut sepertinya sudah lumayan cukup untuk membuatnya dapat dinikmati. Tidak menawarkan sesuatu yang baru, ringan, namun cukup menghibur, setidaknya bagi mereka penggemar genre komedi romantis.

Rating: 3 / 5

Did You Hear About the Morgans? (Relativity Media/Castle Rock Entertainment/Columbia Pictures, 2009)

Did You Hear About the Morgans? (2009)

Directed by Marc Lawrence Produced by Martin Shafer, Liz Glotzer Written by Marc Lawrence Starring Hugh Grant, Sarah Jessica Parker, Sam Elliott, Mary Steenburgen, Elisabeth Moss, Michael Kelly, Wilford Brimley, Jesse Liebman Music by Theodore Shapiro Cinematography Florian Ballhaus Editing by Susan E. Morse Studio Relativity Media/Castle Rock Entertainment Distributed by Columbia Pictures Running time 103 minutes Country United States Language English

One thought on “Review: Did You Hear About the Morgans? (2009)”

  1. Sebenarnya aku engga doyan amat ngelihat si Hugh Grant ini, tapi sayangnya beberapa film favorit saya malah dia yang membintangi:
    ‘About A Boy’, ‘Love, Actually’, ‘Music and Lyric’, ‘Bridget Jones Diary’ juga ‘Sense and Sensibility’

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s