Review: Extraordinary Measures (2010)

Extraordinary Measures adalah sebuah film drama yang diangkat dari sebuah novel karya Geeta Anand yang berjudul The Cure. Novel itu sendiri menceritakan mengenai kisah nyata pasangan John dan Aileen Crowley yang memiliki dua anak yang menderita penyakit Pompe.

Seperti halnya film-film keluarga inspirasional lainnya, film ini bermulai dari pasangan Crowley (Brendan Fraser – Keri Russell) yang memiliki tiga orang anak. Dua diantaranya, Megan (Meredith Droeger) dan Patrick (Diego Velazquez) memiliki penyakit Pompe yang menyebabkan mereka lumpuh dan sistem tubuh mereka perlahan-lahan mulai melemah. Para penderita penyakit ini sendiri divonis paling lama dapat bertahan hidup selama 9 tahun.

Tidak ingin kehilangan dua anaknya, John terus berusaha untuk mencari pendapat lain mengenai penyakit tersebut kepada para ilmuwan dan dokter lainnya. John akhirnya menemukan nama Robert Stonehill (Harrison Ford), seorang ilmuwan dengan banyak teori mengagumkan mengenai penyakit yang belum ditemukan obatnya tersebut.

Robert Stonehill sendiri bukanlah seorang yang mudah untuk didekati. Terbiasa bekerja sendiri, Stonehill kini harus bekerja dengan sekelompok orang setelah John berhasil memberikan dana untuk memulai penelitiannya dalam menemukan enzim baru yang dapat mengurangi efek penyakit Pompe. Bahkan, setelah beberapa saat, penelitian tersebut berhasil menarik perhatian beberapa produsen obat-obatan untuk dapat dikembangkan lebih lanjut. Extraordinary Measures kemudian melanjutkan kisahnya dengan berbagai halangan dan tantangan yang ditemukan John dan Robert selama proses pembuatan enzim itu dilakukan.

Tidak ada yang sangat istimewa yang ditawarkan sutradara Tom Vaughan dalam menceritakan kisah penyakit Pompe di Extraordinary Measures. Walaupun tema yang dibawa sedikit baru dan belum pernah didalami dalam film-film Hollywood sebelumnya, ternyata hal tersebut tidak berpengaruh banyak pada penilaian yang akan diberikan penonton pada film ini. Ini terjadi karena cara penceritaan Vaughan yang nyaris tidak ada bedanya dengan film-film bertema sama yang pernah dirilis seblumnya.

Ini sebaenarnya bukan hal yang buruk jika Vaughan mampu menggali potensi yang ada dari dalam cerita yang ingin ditawarkannya. Sayangnya, Vaughan sepertinya hanya berfokus pada upaya dalam menceritakan kisah pasangan Crowley dan dokter Stonehill sehingga melupakan sisi drama yang dapat membuat penonton lebih terikat lagi pada cerita film ini.

Datarnya penceritaan yang diberikan Vaughan juga didukung oleh sangat biasanya penampilan dari jajaran pemeran film ini. Walau diisi nama-nama besar, namun film ini nyaris tidak memberikan penampilan yang luar biasa dari trio Fraser-Russell-Ford. Penampilan Fraser dan Ford memang cukup baik dalam menghidupkan karakter mereka, namun, walaupun sering memiliki adegan berdua, Fraser dan Ford sepertinya tidak mampu memberikan chemistry yang cukup kuat antara mereka berdua.

Jika ada yang patut diberikan kredit sedikit lebih banyak, tentu penampilan Keri Russell-lah yang pantas mendapatkannya. Walaupun memiliki screentime yang tidak banyak, Russell mampu membuktikan bahwa dirinya adalah seorang aktris yang berbakat, walaupun lebih sering tidak mendapatkan kredit yang layak atas talenta yang dimilikinya.

Sebuah kisah nyata, dengan tema cerita yang masih belum banyak digali dari film-film Hollywood lainnya, ternyata belum menjamin bahwa sebuah film dapat menjadi sebuah tontonan yang menarik. Extraordinary Measures membuktikan bahwa dengan arahan yang biasa, cerita potensial yang sebenarnya dapat digali dari sebuah cerita menjadi terbuang dengan sia-sia. Naskah yang terlalu berfokus pada tiga karakter utamanya, dan mengenyampingkan potensi dramatis yang dapat diberikan pada penontonnya, membuat para pemerannya tidak dapat berbuat banyak untuk menghidupkan karakter mereka. Hasilnya, Extraordinary Measures hanya menjadi sebuah film keluarga inspirasional biasa, tanpa mampu memberikan kelebihan lainnya pada penontonnya.

Rating: 2.5 / 5

Extraordinary Measures (CBS Films, 2010)

Extraordinary Measures (2010)

Directed by Tom Vaughan Produced by Michael Shamberg, Stacey Sher, Carla Santos Shamberg
Written by Robert Nelson Jacobs (screenplay), Geeta Anand (book) Starring Brendan Fraser, Harrison Ford, Keri Russell Music by Andrea Guerra Cinematography Andrew Dunn Editing by Anne V. Coates Distributed by CBS Films Running time 106 minutes Country United States Language English

One thought on “Review: Extraordinary Measures (2010)”

Leave a Reply