First Look: The Human Centipede (First Sequence)

The Human Centipede (First Sequence) mungkin adalah salah satu film horror yang paling banyak dibicarakan di internet saat ini. Bukan apa-apa, tema yang dibawakan film ini sendiri mungkin adalah sebuah tema yang pertama kali dibawa ke layar lebar. Dengan ide yang absurd namun tak serta merta meninggalkan kadar sadisme yang luar biasa, menjadikan The Human Sequence (First Sequence) sebagai salah satu film horror yang paling ditunggu oleh para penggemar genre tersebut saat ini.

The Human Centipede (First Sequence) sendiri akan dimulai seperti sebuah adegan yang mungkin sudah sangat biasa ditemukan disetiap film horror slasher. Dua orang turis asal Amerika Serikat yang berada di Jerman, Lindsay (Ashley C Williams) dan Jenny (Ashlynn Yennie), mungkin sedang berada pada malam tersial dalam kehidupan mereka ketika pada sebuah malam yang berhujan, ban mobil yang mereka bawa mengalami kebocoran. Mereka pun akhirnya mendatangi sebuah rumah yang berada dekat di lokasi bocornya ban mobil tersebut untuk meminta bantuan. Dewi Fortuna sepertinya sedang benar-benar tidak berada di sisi kedua gadis malang ini ketika orang yang membantu Lindsay dan Jenny adalah Dr Heiter (Dieter Laser). Oleh Heiter, mereka berdua diberikan obat tidur, dan ketika tersadar, Lindsay dan Jenny sudah menjadi tahanan bagi Heiter.

Heiter sendiri sebenarnya adalah seorang dokter bedah kembar Siam yang memiliki reputasi ternama di dunia. Namun, reputasi terkenal tidak menjamin kewarasan otak seseorang. Dr Heiter memiliki visi yang “berbeda” mengenai bagaimana manusia di masa yang akan datang dapat hidup. Dengan kemampuannya di bidang biologis, Dr Heiter berniat untuk “menyatukan” beberapa manusia menjadi sebuah kesatuan yang kemudian akan dapat saling hidup bersama. (Lihat bagaimana konsep operasi Dr Heiter di artikel Flick Magazine).

Untuk mewujudkan mimpinya tersebut, Dr Heiter sebenarnya pernah melakukan uji coba terhadap tiga ekor anjing. Sayangnya, ketiga anjing tersebut malah tewas secara mengesankan. Karenanya, Dr Heiter memilih untuk melakukan percobaannya pada manusia, sebuah makhluk hidup yang memiliki ketahanan hidup luar biasa. Bersama dengan Katsuro (Akihiro Kitamura), seorang turis Jepang yang juga diculik oleh Dr Heiter, Lindsay dan Jenny akan menjadi tiga orang “beruntung” yang menjadi bahan percobaan bagi Dr Heiter.

Adalah Tom Six, seorang sutradara asal Belanda, yang berada di balik otak pembuatan The Human Centipede (First Sequence). Dalam sebuah wawancara, Six mengaku inspirasi untuk naskah cerita film ini datang dari sebuah guyonan yang menyatakan bahwa para pelaku pelecehan seksual seharusnya dihukum dengan cara menempelkan mulut mereka pada bokong para supir truk. Dr Heiter yang digambarkan sebagai seorang penjahat berdarah Jerman sendiri diakui Six sebagai terinspirasi dari para prajurit Nazi yang ketika menyiksa para tawanannya, sering melakukan berbagai percobaaan medis yang kadang belum pernah dipikirkan oleh orang lain sebelumnya.

Film ini sebelumnya telah melanglang buana melalui beberapa festival film horror di dunia. Walaupun mendapatkan beberapa kritikan tajam, The Human Centipede (First Sequence) tetap saja mendapatkan pengakuan sebagai sebuah film horror dengan tema yang orisinil. Film ini bahkan sempat memenangkan penghargaan pada beberapa festival film horror dunia serta penghargaan untuk Dieter Laser atas perannya yang dianggap ikonik sebagai Dr Heiter.

IFC Films sendiri telah membeli hak distribusi The Human Centipede (First Sequence) untuk peredarannya di Amerika Serikat. Mereka akan mulai merilis film ini secara terbatas pada 28 April 2010 mendatang, dan sama halnya seperti teknik pemasaran Paranormal Activity tahun lalu, akan menambah perluasan jaringan distribusi jika banyak penonton yang memintanya.

Ngomong-ngomong soal subtitle-nya yang bertajuk First Sequence, Tom Six telah mengakui bahwa film ini memang dibuat sebagai sebuah dwilogi. Sekuel film ini, The Human Sequence (Full Sequence) direncanakan akan rilis tahun ini juga. Untuk sekuelnya, Six mengungkapkan bahwa dirinya berniat untuk menggunakan dua belas orang ‘korban’ dengan teknik kedokteran yang lebih dipertajam. Berminat untuk menantinya?

The Human Centipede (First Sequence) (Six Entertainment/IFC Films, 2010)

The Human Centipede (First Sequence) (2010)

Directed by Tom Six Produced by Tom Six, Ilona Six Written by Tom Six Starring Dieter Laser, Ashley C. Williams, Ashlynn Yennie Music by Patrick Savage, Holeg Spies Cinematography Goof de Koning Editing by Tom Six Studio Six Entertainment Distributed by IFC Films Running time 90 minutes Country United Kingdom, Netherlands Language English, Japanese, German

2 thoughts on “First Look: The Human Centipede (First Sequence)”

  1. Hm,
    Biasa saja,
    teknik yang udah dikenal di Rusia untuk menggabungkan beberapa tubuh hewan jadi satu,
    Ingat The X-File I Want To Believe !!

Leave a Reply