Review: Bowling for Columbine (2002)


Bowling for Columbine adalah sebuah film dokumenter karya sutradara Michael Moore yang dirilis pada tahun 2002. Film ini adalah film pertama yang membawa nama Michael Moore ke kancah internasional ketika Bowling for Columbine tidak hanya berhasil menjadi film dokumenter terlaris sepanjang masa (sebelum akhirnya disisihkan film Michael Moore lainnya, Fahrenheit 9/11), namun juga berhasil memenangkan banyak penghargaan termasuk Academy Award untuk Best Documentary Feature.

Bowling for Columbine sendiri membawa para penontonnya untuk melihat kembali apa yang sebenarnya terjadi pada tahun 1999, ketika dua orang pelajar Columbine High School secara membabi buta menembaki teman-teman sekolahnya dan menyebabkan kematian 12 orang pelajar dan seorang guru. Moore sendiri kemudian membawakan fakta bahwa masyarakat Amerika Serikat telah ‘ketergantungan’ dengan peralatan tembak seperti senapan, dimana alat tembak tersebut sangat mudah untuk didapatkan dan banyak orangtua yang tanpa sengaja ‘mengajarkan’ anak-anaknya untuk memiliki dan menggunakan senapan.

Judul Bowling for Columbine sendiri didapatkan dari fakta, seperti yang ditampilkan di film ini, dimana kedua pelajar pelaku pembunuhan tersebut, Eric Harris dan Dylan Klebold, mengikuti kelas olahraga bowling di pagi harinya, sebelum mereka berangkat ke sekolahnya untuk melakukan tindakan kejahatan tersebut.

Seperti biasa, film-film dokumenter yang dirilis Michael Moore selalu mengundang kontroversi. Jelas saja, film ini secara terang-terangan melakukan kritikan tajam terhadap pemerintah dan media Amerika Serikat yang sepertinya selalu memuja-muja senapan di kesehariannya dan membuat banyak anak kecil terpengaruh. Secara pedih, Moore juga memasukkan sebuah kisah insiden dimana seorang anak kecil berusia 6 tahun yang mengambil senapan pamannya kemudian membawa senapan tersebut ke sekolahnya dan menembakkannya pada salah seorang teman seusianya.

Memang, seperti yang selalu ditampilkan Moore di film-film dokumenternya, Bowling for Columbine juga terasa bagaikan sebuah perdebatan mengenai senapan yang dilakukan dan dilihat dari satu sisi saja. Hal ini tentu saja akan membuat Bowling for Columbine berat sebelah dengan ketidakhadiran pihak-pihak yang dikritisi oleh Moore untuk memberikan komentar mereka terhadap topik tersebut secara khusus di film ini. Namun, walau begitu, harus diakui Moore memang adalah pakarnya dalam membuat sebuah adu argumentasi mengenai sebuah obyek berat terlihat begitu ringan untuk dinikmati.

Berdurasi 120 menit, Moore mengisi Bowling for Columbine dengan berbagai fakta mengenai senapan (bahwa terjadi 11,127 kasus kejahatan menggunakan senapan di setiap tahunnya di Amerika Serikat, bandingkan dengan 165 kasus kejahatan dengan menggunakan senapan di Canada, negara tetangga US yang ternyata tercatat sebagai negara dengan masyarakat pemilik senapan terbesar di dunia), kegemaran masyarakat Amerika Serikat mengenai hal-hal berbau kejahatan (yang sayangnya, seperti di Indonesia, semakin diperkuat oleh media yang secara terus menerus menayangkan berbagai tayangan berbau kekerasan dan kejahatan), hingga hubungan dengan kegemaran tersebut dengan pemerintah Amerika Serikat (Moore membentuk suatu montage dengan latar belakang lagu Louis Armstrong, What a Wonderful World,  yang menggambarkan bagaimana semenjak dahulu, Amerika Serikat-lah yang menjadi negara yang berada di balik berbagai perang besar yang terjadi di dunia).

Berbagai unsur-unsur pendukung ini kemudian disatukan Moore dengan unsur komedi-nya yang membuat film dokumenter politis ini menjadi sangat mudah untuk dimengerti dan dinikmati oleh siapapun. Bahkan jika Anda adalah seorang penonton yang berada di posisi yang berlawanan dengan Michael Moore, Anda harus mengakui bahwa Moore adalah seorang jenius yang mampu menyusun argumentasinya dengan sangat baik, dan mungkin akan membuat Anda berada di pihaknya begitu Anda selesai menyaksikan film ini. Sebuah dokumenter yang pintar dengan pesan yang sangat kuat.

Rating: 4 / 5

Bowling for Columbine (United Artists, 2002)

Bowling for Columbine (2002)

Directed by Michael Moore Produced by Kathleen Glynn, Jim Czarnecki, Charles Bishop, Michael Donovan Written by Michael Moore Starring Michael Moore
Music by Jeff Gibbs Editing by Kurt Engfehr Distributed by United Artists Running time 120 minutes Country United States Language English

Advertisements

6 thoughts on “Review: Bowling for Columbine (2002)”

  1. Film dokumenter Moore yang satu ini emang bagus bgt, masih jadi fav gw sampe sekarang
    yang menyentuh pas Moore nga hanya bikin dokumenter, tapi jg melakukan sesuatu di filmnya kaya “demo” ke Wal-Mart sama anak-anak korban. Hal kaya gitu terus tertular ke film2 berikutnya, tapi film ini tetap paling berkesan.

    apalagi ada idola saya disini, yang secara mengejutkan lebih “pintar” ngomong daripada pemerintah, “I wouldn’t say a single word to them I would listen to what they have to say, and that’s what no one did”.

    1. Marilyn Manson yah, unc? 😀

      Kalo soal dokumenter Michael Moore yang menyentuh, udah nonton Sicko belom? Itu dokumenter Moore yang paling heartbreaking menurut saya. Moore itu emang jago menata fakta dan mencampuradukkan dengan komedi dan ironi. Menghibur tapi tetap dalem nusuknya.

      1. pastinya “sicko” udah nonton, tapi emang yang paling berkesan, menyentuh & shocking bagi saya yah film ini, iya setuju Moore cerdas dalam menampilkan fakta-nya, nga sekedar kritik doank. sayang belom nonton film terbarunya “capitalism, love story” hehe.

  2. Saya mah masih ketinggalan banyak dalam nontonin dokumenter-nya Michael Moore. Jarang beredar disini sih. Ini ntar rencananya mau nonton Fahrenheit 9/11. Iyahhh… Capitalism: A Love Story blom nonton. Sama yang satu lagi itu, Slacker Uprising.

  3. film moore yang saya tonton baru Sicko aja, tuh film keren…jadi ngebandingin ama sistem kesehatan negara ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s