Review: Valentine’s Day (2010)


Ahhh… Valentine’s Day. Sebuah hari dimana seluruh umat manusia sepertinya telah ditakdirkan untuk berbicara mengenai segala yang berkaitan dengan cinta. Di lain pihak, bagi sebuah industri seperti Hollywood, Valentine’s Day juga menjadi sebuah waktu yang tepat untuk merilis film-film manis yang bertemakan cinta.

Dan untuk tahun ini, Garry Marshall, seorang sutradara veteran dalam hal pembuatan film-film komedi romantis seperti Beaches, Pretty Woman dan The Princess Diaries, mengumpulkan seluruh aktor dan aktris papan atas Hollywood untuk membintangi sebuah film yang merayakan arti sebuah cinta dalam kehidupan setiap umat manusia dalam sebuah film yang berjudul… Valentine’s Day.

Bersetting di Los Angeles, perjalanan Anda ke beberapa kisah romantis di film ini dimulai ketika Reed (Ashton Kutcher) terbangun dari tidurnya di hari Valentine’s Day, tersenyum dan kemudian mengejutkan sang pacar, Morley (Jessica Alba), yang sedang tertidur di sebelahnya, dengan sebuah cincin dan menyatakan niatnya untuk melamar Morley. Reed adalah seorang pengusaha karangan bunga, usaha yang sepertinya menghubungkan setiap orang yang ada di dalam cerita ini.

Melalui usaha karangan bunga tersebutlah, Reed mengetahui kalau sahabatnya, Julia (Jennifer Garner) sedang berpacaran dengan Dr McDreamy dari serial Grey’s Anatomy (not really – tapi Patrick Dempsey memerankan karakter tersebut), yang ternyata telah menikah. Kemudian ada kisah antara Jason (Topher Grace), seorang pengantar surat di sebuah perusahaan dimana Liz (Anne Hathaway) bekerja menjadi seorang asisten pribadi dari Paula Thomas (Queen Latifah).

Tidak hanya menceritakan cinta dari sisi pasangan muda, Valentine’s Day juga mengisahkan mengenai Edgar (Hector Elizondo) dan Estelle (Shirley MacLaine) yang telah lama menikah namun akan dihadapkan dengan sebuah cobaan, cucu mereka Edison (Bryce Robinson), yang sepertinya terlalu muda untuk mengenal cinta namun sedang berusaha untuk memberikan sebuah rangkaian bunga pada gadis yang ia cintai, dan juga Grace (Emma Roberts), yang merasa Valentine’s Day adalah sebuah hari yang sangat spesial dimana ia dan pacarnya, Alex (Carter Jenkins), siap untuk melakukan hubungan seksual untuk pertama kalinya.

Jangan khawatir, masih ada beberapa cerita cinta lagi yang ditawarkan. Ada kisah mengenai Kara (Jessica Biel), seorang publisis dari atlit Sean Jackson (Eric Dane), yang merasa bahwa karirnya telah menghalangi kehidupan pribadinya untuk tumbuh. Karena itulah, ia merasa Valentine’s Day adalah hari terburuk dalam setahun, sama seperti yang dirasakan oleh Kelvin Moore (Jamie Foxx), seorang pembawa acara olahraga di sebuah stasiun televisi. Dan di atas sana, di sebuah penerbangan sepanjang 14 jam, Holden (Bradley Cooper) dan Kate (Julia Roberts) sedang berkenalan dan saling berbagi mengenai kisah-kisah menyenangkan dalam kehidupan mereka. Tunggu, sepertinya ada kisah lain yang saya lupakan… oh ya, dua Taylor yang sedang menjadi idola remaja saat ini turut hadir meramaikan film ini dan membuktikan bahwa salah satu dari mereka memang ditakdirkan hanya sebagai penyanyi, dan satu lainnya hanya akan tetap dipuja oleh para penggemarnya selama ia terus membuka pakaiannya di seri lanjutan dari Twilight.

Harus diakui, adalah sangat, sangat menggoda untuk menyaksikan sebuah film dimana seluruh jajaran pemeran yang ada adalah para aktor dan aktris kelas atas yang sepertinya merupakan para aktor dan aktris kesayangan setiap orang. Tapi apakah Garry Marshall tidak pernah mendengar istilah too much love will kill you?

Menyaksikan film ini selama 45 menit pertama mungkin masih terasa errr… romantis. Namun bayangkan jika Anda mengetahui bahwa Anda akan menyaksikan kisah-kisah cinta tersebut selama lebih dari 2 jam, 125 menit untuk tepatnya. Pertama-tama, Anda akan mulai menarik nafas dalam. Kemudian, Anda akan mulai menghabiskan persediaan popcorn dan Pepsi (ukuran large) Anda. Kemudian Anda akan mulai membayangkan bahwa setelah seharian bekerja, mungkin lebih baik untuk menghabiskan waktu Anda di tempat tidur dan menikmati kisah komedi romantis abadi yang dituliskan Jane Austen untuk Elizabeth Bennett dan Mr Fitzwilliam Darcy di Pride & Prejudice. Kemudian, Anda akan bertanya-tanya pada diri Anda, kenapa Anda tidak membeli dua popcorn dan dua Pepsi (ukuran large), ketika persediaan cemilan Anda habis. Dan ketika Anda mengira bahwa Anda baru saja membuang waktu Anda dengan melewatkan separuh cerita film, hey… the Valentine’s Day is not over yet. Bahkan, jika Anda rajin, sebenarnya Anda dapat saja pergi ke counter cemilan, menghabiskannya disana, dan film ini masih akan berputar. Baiklah, saya bercanda. Separuh bercanda.

Beberapa kisah di film ini mungkin cukup menarik karena diperankan dengan menarik pula oleh pemerannya. Ada Jessica Biel yang adalah sebuah hal yang menyenangkan untuk melihatnya tampil lepas dan komikal. Kemudian pasangan Anne Hathaway-Topher Grace yang mungkin memiliki kisah paling menarik di sepanjang film ini. Dan Jennifer Garner… yah… kesampingkan kisah cintanya, baik dengan karakter yang diperankan oleh Patrick Dempsey maupun dengan Ashton Kutcher, sekali membuktikan bahwa ia memiliki potensi untuk menjadi seorang ratu komedi, khususnya ketika ia berada satu layar dengan Jessica Biel.

Masalah terbesar dari film ini adalah film ini menawarkan terlalu banyak cerita dan terlalu banyak karakter, bahkan untuk durasi yang mencapai lebih dari dua jam tersebut. Hal ini membuat film ini berlari kesana-kemari, tidak memiliki fokus pada kisah-kisah yang ada dan gagal menjalin maupun memperoleh rasa simpati dan cinta dari para penontonnya. Hasilnya, film ini malah akan terasa berjalan lama, membosankan dan cenderung mengesalkan, bahkan bagi mereka (baca: saya) yang biasanya cukup terbuka dengan genre-genre ringan bertemakan romansa seperti ini.

Terlalu banyak cerita, terlalu banyak karakter, terlalu banyak hal-hal manis, terlalu banyak cinta… gagal dieksekusi dengan benar. Valentine’s Day adalah salah satu film paling mengecewakan yang pernah Anda saksikan.

Rating: 2 / 5

Valentine's Day (Warner Bros./New Line Cinema, 2010)

Valentine’s Day (2010)

Directed by Garry Marshall Produced by Samuel J. Brown, Mike Karz, Wayne Allan Rice, Josie Rosen Written by Katherine Fugate Story: Katherine Fugate, Abby Kohn, Marc Silverstein Starring Jessica Alba, Jessica Biel, Bradley Cooper, Ashton Kutcher, Julia Roberts, Jamie Foxx, Anne Hathaway, Topher Grace, Shirley MacLaine, Hector Elizondo, Jennifer Garner, Patrick Dempsey, Eric Dane, Emma Roberts, Taylor Swift, Taylor Lautner, Queen Latifah, Carter Jenkins, George Lopez, Kathy Bates Music by John Debney Cinematography Charles Minsky Editing by Bruce Green Distributed by Warner Bros./New Line Cinema Running time 125 minutes Country United States Language English

Advertisements

4 thoughts on “Review: Valentine’s Day (2010)”

  1. Err, saya tetep suka film ini, meski bukan list favorit sih, lumayan buat seru-seruan soalnya bintang2nya kinclong semua (terutama si Eric Dane!) hwahaha
    Oya, duo Taylor itu betul2 gak penting mas, ceritanya, ditendang aja mereka juga nggak ngaruh kok ama filmnya.. hehe 😀

  2. ya beberapa tokoh emang bisa diilangin dan gak ngaruh sama cerita, duo taylor itu sangat gak penting ceritanya. julia roberts sama bradley cooper juga sebenarnya ilang pun gakpapa, hubungan mereka dengan krakter lain malah kayak jadi dipaksakan dihubung2kan (hadah ribet). apalagi bradley yang elus2 kepala eric dane hahaha.

    kisah emma roberts yang mau ml sama cowoknya itu sebenarnya bisa bagus kalau digali lebih dalam, sama kayak kisahnya topher grace dan anne hathaway sayang bukan mereka yang jadi intinya

  3. Sepakat sama komentar di atas…
    Terlalu banyak cerita cinta yang bikin film ini justru kehilangan fokusnya.
    Ada banyak hal yang bisa dipotong sebenernya…
    Tapi masih acceptable lah buat sekedar film ringan….:)

    Tapi buat film sejenis, masih lebih prefer Love Actually sih…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s