Review: Creation (2009)

Ilmuwan Inggris, Charles Darwin, sempat membuat kehebohan pada dunia ilmu pengetahuan ketika ia merilis buku On the Origin of Species pada tahun 1859. Dalam buku tersebut, Darwin menuliskan bahwa setiap spesies yang ada di muka Bumi saat ini berasal dari satu nenek moyang yang kemudian terus berevolusi hingga menjadi bentuknya seperti saat ini, termasuk manusia, yang menurut Darwin, memiliki nilai “keakraban keluarga” yang sangat erat dengan para simpanse.

Kisah mengenai naik turunnya kehidupan Charles Darwin ketika ia sedang menuliskan bukunya tersebut itulah yang menjadi sentral cerita dari Creation. Film yang disutradarai oleh Jon Amiel ini sendiri mendasarkan naskah ceritanya pada buku biografi mengenai Charles Darwin, Annie’s Box: Charles Darwin, His Daughter and Human Evolution, yang ditulis oleh Randal Keynes.

Creation sendiri mengisahkan mengenai kehidupan Charles Darwin (Paul Bettany) setelah kematian puteri pertamanya, Anne (Martha West). Semenjak saat itu, kehidupan Charles menjadi terombang-ambing khususnya karena ia merasa bahwa dirinya patut disalahkan atas kematian Anne. Hubungannya dengan sang istri, Emma (Jennifer Connelly), juga semakin memburuk. Ia, Emma dan ketiga anaknya hampir tidak pernah berbicara satu sama lain semenjak kematian Anne.

REVOLUTIONARY ROAD. Apakah sains dan agama adalah dua hal yang sama sekali benar-benar tak dapat disatukan?

Di sisi lain, kematian Anne sendiri semakin membuat kepercayaan Charles atas keberadaan Tuhan selama ini semakin memudar. Berbeda dengan Emma yang sangat relijius, Charles memang sedari dulu lebih percaya bahwa seluruh kejadian yang ada di muka Bumi ini dapat diuraikan satu persatu dengan menggunakan ilmu pengetahuan. Kebimbangan jiwa Charles ini ia tuangkan lewat sebuah buku dimana ia mencoba untuk menelusuri jejak awal manusia, dan spesies lainnya yang ada di muka Bumi, berdasarkan ilmu pengetahuan.

Ide untuk membawa kehidupan Charles Darwin ke layar lebar mungkin adalah ide yang cukup menarik. Apalagi jika ide tersebut berfokus pada kisah bagaimana Darwin dapat memiliki ide ‘jenius’ yang hingga saat ini masih terus diperdebatkan tersebut. Namun pada Creation, fokus cerita tidaklah melulu pada Darwin dan berbagai ide yang keluar dari kepalanya. Film ini memilih untuk memfokuskan kisahnya pada bagaimana Darwin berusaha untuk melupakan kematian puteri pertamanya, Anne, serta hubungannya yang istri dan anak-anaknya setelah kematian Anne.

Hasilnya mungkin sedikit mengecewakan bagi beberapa orang. Film ini sepertinya malah jatuh terjerembab pada tipe sebuah film yang bernada (terlalu) sentimental. Penonton dibawa naik turun pada suatu kisah mengenai Darwin dan kenangannya akan Anne, dan bagian ini hampir mengisi setengah dari durasi total film ini. Sementara kisah mengenai penemuan teori Darwin, serta pertentangannya dengan sang istri yang relijius (yang sebenarnya sangat berpotensi untuk meningkatkan intensitas drama di film ini) malah terkesan dikesampingkan dan hanya menjadi kisah tambahan di Creation.

Dari sisi akting sendiri, Creation tidak memiliki terlalu banyak hal yang dapat dikeluhkan. Jajaran pemeran film ini mampu tampil cukup memukau dengan Paul Bettany, yang menjadi pemeran karakter utama di film ini, memberikan penampilan yang sangat memuaskan. Sayangnya, karena faktor penceritaan yang hanya berfokus pada Charles Darwin dan Anne, karakter lain yang ada di film ini terlihat kurang mampu dapat berbicara banyak, khususnya karakter istri Charles, Emma, yang diperankan oleh Jennifer Connelly. Padahal, pada beberapa adegan yang memuat Connelly di dalamnya, aktris pemenang Oscar ini mampu memberikan penampilan yang juga tidak mengecewakan.

Secara keseluruhan, Creation tampil sebagai sebuah film drama yang dapat dikatakan tidak akan dapat berkata banyak bagi para penontonnya. Kekurangan pada naskah film ini, yang terlalu banyak memberikan porsi cerita pada rasa duka Charles Darwin atas kematian puterinya, membuat kesempatan untuk mengembangkan sisi-sisi lain dari kehidupan Darwin sepertinya menjadi terbuang percuma. Walau tidak dapat dikategorikan sebagai sebuah film yang buruk, dengan jajaran pemeran yang cukup menjanjikan, seharusnya Creation mampu menjadi sebuah film drama yang memiliki nilai yang lebih istimewa.

Rating: 3.5 / 5

Creation (Recorded Picture Company/Icon Film Distribution, 2009)

Creation (2009)

Directed by Jon Amiel Produced by Jeremy Thomas Written by John Collee Starring Paul Bettany, Jennifer Connelly, Jeremy Northam, Toby Jones, Benedict Cumberbatch Music by Christopher Young Cinematography Jess Hall Editing by Melanie Oliver Studio Recorded Picture Company Distributed by Icon Film Distribution Country United Kingdom Language English

Leave a Reply