Review: Bad Lieutenant: Port of Call: New Orleans (2009)


Bad Lieutenant: Port of Call: New Orleans merupakan sebuah film drama bertema kepolisian yang diarahkan oleh sutradara Werner Herzog. Walaupun memiliki judul dan tema yang sama dengan film Bad Lieutenant karya Abel Ferrara yang pernah dirilis di tahun 1992, Herzog dalam beberapa kesempatan menegaskan bahwa film ini sama sekali tidak berhubungan dengan film Ferrara tersebut. Bukan sebuah remake maupun sebuah sekuel.

Bad Lieutenant: Port of Call: New Orleans sendiri memiliki latar belakang cerita yang berbeda dengan Bad Lieutenant. Jika film Ferrara tersebut berlatar belakang di New York, maka film karya Herzog ini berlatar belakang tempat di New Orleans, beberapa saat setelah terjadinya badai Katrina yang meluluhlantakkan kota tersebut.

Dikisahkan, sersan Terrence McDonough (Nicolas Cage) mengalami sebuah kecelakaan ketika sedang menyelamatkan seorang tahanan yang sedang terjebak di sebuah penjara ketika badai Katrina sedang menghadang. Kecelakaan tersebut ternyata menyebabkan kerusakan pada struktur tulang punggung Terrence, dan mengharuskannya untuk selalu mengkonsumsi obat-obatan untuk mengurangi rasa sakit.

FAMILY AFFAIR. Judi? Narkotika? Masalah keluarga hanyalah satu dari sekian masalah yang harus dihadapi Nicolas Cage di film ini.

Setelah mendapatkan penghargaan dan promosi ke pangkat letnan, Terrence menjadi ketagihan atas obat-obatan yang ia konsumsi. Bahkan, seringkali Terrence juga mengkonsumsi obat-obatan terlarang yang ia peroleh dengan cara memeras setiap tersangka yang ia tangkap atau mengambil dari barang bukti yang disimpan di kantor polisi tempat ia bertugas. Di tengah permasalahan ketagihannya pada obat-obatan tersebut, Terrence dihadapkan pada persoalan pembunuhan satu keluarga imigran ilegal asal Senegal. Film ini, kemudian mengikuti jejak langkah Terrence dalam menyibak misteri siapa pembunuh satu keluarga tersebut, sekaligus menceritakan bagaimana Terrence menghadapi masalah ketagihannya akan judi dan obat-obatan serta permasalahan pribadinya dengan sang pacar, Frankie Donnenfeld (Eva Mendes), dan keluarganya.

Memulai jalan cerita dengan sedikit lemah, Bad Lieutenant: Port of Call: New Orleans ternyata mampu bangkit di menit-menit berikutnya dan tampil sebagai sebuah film drama kepolisian yang sangat menarik. William Finkelstein, sang penulis naskah film ini, memberikan begitu banyak permasalahan untuk dihadapi sang karakter utama. Walau begitu, dengan sangat cerdas, Finkelstein juga mampu sedikit demi sedikit memberikan jalan keluar dan menyelesaikan berbagai permasalahan yang telah ada. Tidak mengherankan memang jika mengetahui resume penulisan naskah Finkelstein yang pernah memenangkan Emmy Awards untuk naskah yang ia tulis untuk serial-serial televisi bertema kepolisian seperti L. A. Law, Law & Order, NYPD Blues dan Brooklyn South.

Naskah yang cerdas tentu saja tidak akan berarti jika tanpa adanya eksekusi yang cerdas pula dari sang sutradara maupun penampilan para jajaran pemerannya. Herzog mampu memberikan visualisasi yang tepat untuk berbagai kisah yang ingin ditampilkan di film ini. Ia juga mampu menentukan pace yang tepat untuk cerita seperti ini, tidak terlalu cepat namun tidak mengisahkannya dalam pace yang terlalu lambat maupun terlalu didramatisir.

Jajaran pemeran di film ini juga seluruhnya mampu memberikan penampilan yang sangat mengesankan, khususnya Nicolas Cage. Sudah lama rasanya tidak melihat Cage tampil begitu rapuh sekaligus tetap terlihat berbahaya semenjak Matchstick Men. Disini, Cage tampil dengan sangat baik menampilkan seorang tokoh polisi pelanggar hukum yang sangat mengesalkan namun tetap mampu menampilkan kerapuhannya ketika ia sedang menghadapi masalah keluarganya, pacarnya sekaligus masalah punggungnya yang sangat mengganggu. Para pendukung film lainnya juga, secara mengejutkan, mampu tampil baik, termasuk nama-nama seperti Eva Mendes (she can act!), Jennifer Coolidge (yang biasanya tampil melucu dalam film-film komedi) dan Val Kilmer (Kilmer… is that you?). Film ini juga menampilkan penampilan singkat yang cukup berarti dari Fairuza Balk dan Michael Shannon.

Bad Lieutenant: Port of Call: New Orleans tampil sebagai sebuah film drama kepolisian yang sangat sederhana. Tanpa berbagai adegan tembak-tembakan yang fantastis maupun adegan drama yang menyentuh. Namun, disinilah letak kekuatan film ini. Bad Lieutenant: Port of Call: New Orleans mampu mengejutkan para penontonnya dengan membawa mereka ikut serta dalam cerita yang bergulir untuk melihat bagaimana perubahan setiap karakter yang ada di film. Sebuah film yang gelap, aneh namun mampu tetap dapat menghibur.

Rating: 4 / 5

Bad Lieutenant: Port of Call: New Orleans (Saturn Film/First Look Studios, 2009)

Bad Lieutenant: Port of Call: New Orleans (2009)

Directed by Werner Herzog Produced by Edward R. Pressman Written by William Finkelstein Starring Nicolas Cage, Eva Mendes, Val Kilmer, Xzibit, Fairuza Balk, Michael Shannon, Jennifer Coolidge, Shawn Hatosy Music by Mark Isham Cinematography Peter Zeitlinger Editing by Joe Bini Studio Saturn Films Distributed by First Look Studios Running time 121 minutes Country United States Language English, Spanish

2 thoughts on “Review: Bad Lieutenant: Port of Call: New Orleans (2009)”

  1. Aku kurang suka dengan karakter Eva Mendez disini, yang membuat sub plotnya terkesan dipaksakan. Coba deh bayangkan karakter dia dihilangkan, pasti ceritanya lebih padat.
    Secara keseluruhan filmnya asyik banget, terutama penampilan Nic Cage yang mantap

    1. Memang karakter Mendes cuma pelengkap sih. Hanya untuk menambah kerumitan plot. Tapi saya suka dengan dia disini. Khususnya ketika karakternya mulai ‘berubah’.

      Saya sedikit heran film ini mengandung sedikit ‘explicit scenes’. Ketika pertama dengar plotnya, kirain bakalan banyak adegan eksplisit-nya. Wkwkwkwkw…

      Yep. Nic Cage is awesome in this great cool movie.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s