Review: New York, I Love You (2009)


Dari produser film Paris, Je T’aime, New York,  I Love You adalah sebuah film yang mengumpulkan 11 film pendek karya 10 sutradara film dunia, dimana masing-masing segmen film berdurasi sepanjang 10 menit. Berbeda dengan Paris, Je T’aime, dimana setiap cerita tidak memiliki hubungan antar satu dengan yang lainnya, di film ini beberapa karakter di satu cerita terhubung dengan karakter yang berada di cerita lainnya.

Seperti pendahulunya, New York, I Love You memberikan variasi kisah cinta dengan latar belakang lokasi di kota New York. Dan seperti ingin memberikan gambaran mengenai warga New York yang terdiri dari berbagai macam ras dan kelompok, New York, I Love You juga sedikit menyinggung beberapa kisah cinta dengan selipan perbedaan budaya yang dimiliki oleh masyarakat yang ada di kota tersebut.

Dari 11 cerita yang ditawarkan, harus diakui tidak seluruhnya dapat dinikmati. Beberapa diantaranya bahkan hanya berlalu begitu saja tanpa kesan, dan menimbulkan tanda tanya pada para penontonnya. Sayangnya, kisah ‘membingungkan’ tersebut salah satunya ditempatkan di awal film ini. Kisah yang disutradarai oleh Jiang Wen dan dibintangi oleh trio Hayden Christensen, Rachel Bilson dan Andy Garcia ini, sebenarnya tidak dapat dikatakan ‘membingungkan’ juga. Namun kosong, tanpa kesan apapun. Akting yang diberikan oleh ketiga aktor ini, terutama Christensen sebagai pemeran karakter utama, juga sangat tidak memuaskan dan tanpa jalinan chemistry yang kuat.

LET'S HEAR IT FOR NEW YORK. One of the most romantic cities... with a couple of boring romantic stories.

Awal yang lemah ini tentu memberikan sedikit kekurangantusiasan penonton untuk melanjutkan perjalanan ke kisah berikutnya, yang sialnya, juga sepertinya masih akan belum mampu meningkatkan penilaian penonton akan film ini. Barulah pada kisah ketiga, yang diustradarai oleh sutradara asal Jepang, Shunji Iwai, dan dibintangi Orlando Bloom dan Christina Ricci, mungkin arah film ini dapat mulai terlihat jelas dengan unsur romantisme yang mulai benar-benar terasa.

Tidak seperti Paris, Je T’aime yang dapat memberikan berbagai kisah cinta dari berbagai sudut pandang, dan bersifat universal, New York, I Love You nyaris seluruhnya berisikan kisah-kisah cinta standar antara seorang karakter pria dengan seorang karakter wanita. Hasilnya, tidak ada suatu nilai tambah yang dapat diberikan pada film ini. Momen-momen terbaik pada film ini berada di kisah ketiga (karya sutradara Shunji Iwai), kisah kelima (karya sutradara Brett Ratner dan dibintangi Anton Yelchin, James Caan, Olivia Thirlby dan Blake Lively), kisah kesembilan (karya sutradara Yvan Attal dan dibintangi Chris Cooper dan Robin Wright Penn) serta kisah terakhir yang ada di film ini, yang menurut saya terbaik, (karya sutradara Joshua Marston dan dibintangi aktor dan aktis gaek, Eli Wallach dan Cloris Leachman). Kisah-kisah itu sendiri, menarik bukan sepenuhnya karena faktor cerita yang ada, melainkan karena para pemerannya yang mampu menghidupkan kisha cerita yang ada.

Satu hal yang membuat perbedaan begitu mencolok antara film ini dengan Paris, Je T’aime adalah New York tidak memiliki sub-daerah yang memiliki variasi yang kental seperti yang dimiliki Paris. Ini membuat latar belakang lokasi masing-masing cerita di film ini terasa berada di tempat yang sama. Para sutradara yang menyumbangkan karyanya di New York, I Love You juga dapat dikatakan belum mampu menyamai hasil-hasil yang diberikan oleh para sutradara di film sebelumnya. Lemahnya jalan cerita, plus dengan singkatnya durasi cerita yang ada, membuat New York, I Love You gagal untuk memberikan kesan romantisme yang seharusnya dapat diberikan. Bukan sebuah pencapaian yang buruk, namun dengan nama-nama besar yang ada, seharusnya film ini mampu memberikan kesan yang setidaknya menyamai dengan kesan yang ditinggalkan Paris, Je T’aime pada para penontonnya.

Rating: 3 / 5

New York, I Love You (Vivendi Entertainment/Palm Pictures, 2009)

New York, I Love You (2009)

Directed by Jiang Wen, Mira Nair, Shunji Iwai, Yvan Attal, Brett Ratner, Allen Hughes, Shekhar Kapur, Natalie Portman, Fatih Akin, Joshua Marston, Randy Balsmeyer Produced by Emmanuel Benbihy, Marina Grasic Written by Fatih Akin, Keenan Donahue, Natalie Portman, Anthony Minghella, Joshua Marston, Jeff Nathanson, Hu Hong, Jiang Wen, Meng Yao, Suketu Mehta, Shunji Iwai, Olivier Lécot, Yvan Attal, Xan Cassavetes, Stephen Winter, Hall Powell, Israel Horovitz, James Strouse Starring Bradley Cooper, Hayden Christensen, Natalie Portman, Orlando Bloom, Christina Ricci, Maggie Q, Olivia Thirlby, Julie Christie, Shia LaBeouf, Chris Cooper, Cloris Leachman Cinematography Benoît Debie Editing by Craig McKayDistributed by Vivendi Entertainment/Palm Pictures Running time 103 minutes Country United States, France Language English

Advertisements

2 thoughts on “Review: New York, I Love You (2009)”

  1. nih film emang bukan tipe gw kali yah, depresi bgt nonton ini…segmen kesukaan gw cuma yg kakek & nenek (ada kan yah?) owh sama yang ada ethan hawke (ingetin gw sama before sunset hahaha)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s