Review: The Stepfather (2009)


Sepanjang tahun 2009, Hollywood banyak melakukan remake atau reboot terhadap banyak film-film bergenre horror/thriller klasik mereka. Judul-judul seperti My Bloody Valentine, Friday the 13th, The Last House on the Left hingga Sorority Row kembali menghiasi layar-layar bioskop dunia. Sayangnya, tak satupun dari judul-judul tersebut yang mampu berbicara banyak, baik secara kritikal maupun secara komersial.

The Stepfather juga merupakan sebuah film thriller klasik yang kembali di-remake oleh Hollywood. Versi asli dari film ini disutradarai oleh sutradara Joseph Ruben dan sempat meraih popularitas di kalangan penonton ketika dirilis pada tahun 1987.

Plot film ini berjalan cukup simpel. Memusatkan perhatian pada tokoh seorang pemuda, Michael Harding (Badgley), yang baru saja menjalani masa hukuman oleh ibunya, Susan (Ward), dengan bersekolah di sebuah sekolah asrama. Kepulangan dari Michael tentu saja disambut bahagia oleh ibu dan kedua adiknya, serta sang pacar, Kelly (Heard).

Walau sudah mengetahui bahwa sang ibu kini sudah memiliki kekasih baru, David Harris (Walsh), namun tetap saja membuat Michael awalnya cukup merasa terganggu. Namun, kebaikan yang ditunjukkan David perlahan-lahan mampu membuat tidak hanya Michael, namun seluruh keluarganya mulai menerima David sebagai calon ayah mereka. Kebaikan-kebaikan yang ditunjukkan oleh David ternyata memiliki latar belakang buruk. Michael sendiri, bersama Kelly, secara perlahan mulai mengumpulkan teka-teki yang ada dan mulai berpacu sebelum David mendapatkan apa yang diincarnya selama ini.

Versi remake dari The Stepfather ini memang sama sekali tidak menawarkan sesuatu yang baru bagi penontonnya. Dengan jalan cerita yang standar, dan plot yang kebanyakan hanya diisi dengan adegan Michael dan Kelly sedang berpacaran, The Stepfather dapat dengan mudah terlihat sebagai sebuah film yang sangat bodoh.

Walau dengan keterbatasan seperti itu, harus diakui jajaran cast di film ini mampu memberikan kehidupan tersendiri bagi The Stepfather. Dylan Walsh, yang berperan sebagai David, mampu tampil sinis, dingin dan terlihat berbahaya (walau kurang meyakinkan di beberapa adegan). Hal yang sama juga ditunjukkan oleh penampilan Penn Badgley, Sela Ward dan Amber Heard (jika Anda ingin menyebut tampil dalam bikini di hampir sepanjang film sebagai akting). Penampilan mereka biasa, tidaklah begitu buruk namun juga tidak patut diberikan kredit lebih juga.

Sayangnya, tidak seperti film-film horror remake lainnya, The Stepfather sepertinya ingin dibuat dengan porsi drama yang sedikit berlebih, dan mengurangi porsi adegan mencekamnya. Hasilnya, dengan kualitas naskah dan akting yang telah disebutkan sebelumnya, film ini akhirnya hanya mampu menjadi sebuah film yang hampir tidak memiliki makna apapun.

Secara keseluruhan, The Stepfather dengan mudah dapat disebut sebagai sebuah tayangan yang tidak memberikan pengaruh apa-apa ke penontonnya. Bergenre thriller namun lebih mengedepankan unsur drama, namun jika dinilai dari sisi drama film ini juga bukanlah sebuah film yang dapat dinikmati. Murni sebuah tontonan penghibur yang sangat mudah untuk dilupakan begitu saja.

Rating: 2 / 5

The Stepfather (Screen Gems, 2009)

The Stepfather (2009)

Directed by Nelson McCormick Produced by Greg Moordian, Mark Morgan Written by J.S. Cardone (screenplay), Carolyn Lefcourt (story), Brian Garfield (story), Donald E. Westlake (story and earlier screenplay) Starring Dylan Walsh, Penn Badgley, Amber Heard, Sela Ward Music by Charlie Clouser Cinematography Patrick Cady Editing by Eric L. Beason Distributed by Screen Gems Running time 101 minutes Language English

2 thoughts on “Review: The Stepfather (2009)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s