Review: It’s Complicated (2009)


Pasca penampilannya yang sangat gemilang di The Devil Wears Prada (2006), aktris Meryl Streep seperti terlahir kembali menjadi seorang aktris baru. Jika dulunya Streep dikenal sebagai seorang aktris dengan kemampuan akting tingkat atas yang selalu memilih-milih peran yang bernuansa Oscar, selepas The Devil Wears Prada, Streep seperti lebih lepas dalam memilih peran-peran yang lebih ringan, sehingga nama Streep terbukti mampu tetap eksis di kalangan penonton film layar lebar generasi baru.

Di tahun 2009, mungkin nama Streep dapat dikatakan mampu menyaingi aktris Sandra Bullock sebagai aktris yang paling sukses sepanjang tahun lalu. Streep merilis dua film yang sama-sama sukses, baik secara kritikal maupun secara komersial. Secara kebetulan, dua film tersebut adalah film yang disutradarai oleh dua sutradara komedi romantis wanita populer. Film pertama adalah Julie & Julia, yang disutradarai oleh Nora Ephron, dan yang kedua adalah film berikut, It’s Complicated, yang ditulis dan disutradarai oleh Nancy Meyers.

Diisi oleh nama-nama tenar, It’s Complicated mengisahkan mengenai Jane Adler (Streep), seorang wanita pengusaha sukses yang setelah bercerai dari suaminya, Jake Adler (Baldwin), sepuluh tahun yang lalu, masih belum menemukan pasangan yang tepat untuk menggantikan posisi mantan suaminya. Walau perceraian mereka diakibatkan oleh perselingkuhan Jake dengan seorang wanita yang lebih muda, Agness (Lake Bell), namun hubungan Jane dan Jake sendiri tetap berjalan baik, kebanyakan karena mereka telah memiliki 3 anak yang telah dewasa.

DIVORCED... WITH BENEFITS. Siapa bilang seks tidak ada di usia 50 tahun keatas?

Hubungan Jake dan Jane diuji ketika mereka menghadiri acara wisuda anak laku-laki mereka, Luke (Hunter Parrish), di New York. Tinggal di satu hotel yang sama, hubungan Jake dan Jane berubah menjadi seperti pasangan suami istri kembali. Selepas malam tu, Jake mulai mendekati Jane kembali dan menyatakan bahwa dirinya masih tetap mencintai Jane, bahkan merasa dirinya lebih mencintai Jane saat ini. Di saat yang sama, Jane telah memulai membangun hubungan dengan Adam (Martin), pria yang ia sewa sebagai arsitek untuk membangun rumahnya.

Selain The Parent Trap, yang mempopulerkan Lindsay Lohan pada tahun 1998, film-film yang disutradarai oleh Nancy Meyers kebanyakan merupakan film-film komedi romantis yang menceritakan mengenai pasangan dengan usia yang telah dewasa. Lewat What Women Want (2000), Something’s Gotta Give (2003) dan The Holiday (2006), Meyers membuktikan kemampuannya tersebut. Formula yang sama ia gunakan kembali pada It’s Complicated. Film ini sebenarnya memiliki potensi yang sangat bagus sebagai sebuah komedi. Bahkan, beberapa dialog di film ini cukup berhasil untuk mengundang tawa.

Satu-satunya yang dapat dipermasalahkan dari naskah yang ditulis oleh Meyers adalah Meyers sepertinya berusaha untuk memanjang-manjangkan kerumitan kisah yang terjadi antara Jake-Jane-Adam. Sayangnya, usaha untuk memanjangkan cerita tersebut tidak diisi dengan jalan cerita yang berkualitas. Hasilnya, It’s Complicated terasa sangat lama dengan durasinya yang mencapai 120 menit, durasi yang memang cukup lama untuk sebuah film bergenre komedi romatis ringan seperti ini.

Untungnya, jajaran pemeran It’s Complicated, yang diisi nama-nama besar di dunia drama komedi Hollywood, secara berhasil membentuk chemistry yang tepat untuk menjalankan naskah cerita. Meryl Streep seperti biasa mampu tampil elegan dan luar biasa. Streep memang mampu memberikan sebuah penampilan yang sangat dramatis pada sebuah film drama yang membutuhkan tingkat akting yang tinggi, namun, seperti pada It’s Complicated, Meryl mampu tampil sebagai aktris drama komedi romantis lainnya, tidak terlalu berlebihan namun tetap menjiwai karakter yang ia mainkan.

Dua pendamping Streep di film ini, Alec Baldwin dan Steve Martin, juga mampu memberikan penampilan yang seimbang. Walau, sebenarnya saya sedikit mengharapkan agar karakter yang diperankan Balwin dan Martin lebih banyak berinteraksi satu sama lain, dan tidak hanya dengan karakter yang diperankan Streep. Selain mereka, aktor John Krasinski, yang berperan sebagai Harley, suami dari salah satu anak Jane, juga memberikan penampilan yang tidak buruk. Komikal, seperti yang biasa ia tampilkan ketika memerankan Jim Halpert di serial komedi The Office.

Secara keseluruhan, It’s Complicated akan mampu memenangkan hati setiap penggemar drama komedi romantis lewat jalan cerita yang cukup menghibur. Walau pada beberapa bagian jalan cerita film ini sedikit terasa terlalu berlebihan, dan terkesan dipanjangkan, namun dengan chemistry kuat yang mampu ditampilkan oleh para jajaran pemerannya, It’s Complicated tetap mampu tampil sebagai salah satu film komedi paling menarik sepanjang tahun 2009.

Rating: 3.5 / 5

It's Complicated (Relativity Media/Universal Pictures, 2009)

It’s Complicated (2009)

Directed by Nancy Meyers Produced by Nancy Meyers, Scott Rudin Written by Nancy Meyers Starring Meryl Streep, Steve Martin, Alec Baldwin Music by Hans Zimmer, Heitor Pereira Cinematography John Toll Editing by Joe Hutshing, David Moritz Studio Relativity Media Distributed by Universal Pictures Running time 120 minutes Country United States Language English

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s