First Look: Splice


Sebenarnya, tidak tepat juga untuk meletakkan Splice di kolom First Look, karena film ini sebenarnya telah selesai produksi dua tahun lalu, bahkan sempat beredar di beberapa festival film dunia sepanjang tahun 2009 lalu. Namun, karena masih belum mendapatkan distributor yang tepat, Splice masih belum dapat dinikmati oleh para penggemar film dunia hingga sekarang.

Splice sendiri adalah sebuah film science-fiction karya sutradara Vincenzo Natali, sutradara sekaligus penulis naskah yang populer dengan film thriller, Cube, yang dirilis pada tahun 1997. Splice ini sendiri, pada awalnya, dibuat untuk menjadi sekuel dari film Cube tersebut. Namun, karena keterbatasan dana dan teknologi, proyek ini akhirnya menghadapi banyak hambatan. Hingga akhirnya 10 tahun kemudian, Splice mendapatkan suntikan dana sebesar US$26 juta, dan dijadikan sebagai sebuah proyek tunggal dan tidak berhubungan dengan Cube.

Pada Oktober 2007, aktor Adrien Brody dan Sarah Polley didapuk sebagai dua bintang utama film ini. Proses pengambilan gambar sendiri kemudian dimulai pada bulan November 2007 dan membutuhkan waktu 10 minggu untuk menyelesaikan seluruh proses pengambilan gambar. Splice akhirnya merampungkan masa pengambilan gambarnya pada Februari 2008.

Splice sendiri berkisah mengenai Clive (Brody) dan Elsa (Polley), dua ilmuwan muda yang memperoleh kepopuleran nama mereka setelah mereka berhasil memisahkan DNA manusia dan DNA berbagai jenis hewan dan kemudian menyatukannya untuk membentuk sebuah makhluk hidup baru. Selama proses tersebut, sebenarnya telah banyak pihak yang tidak menyetujui eksperimen mereka atas dasar-dasar etika dan hukum. Namun, Clive dan Elsa tetap tidak bergeming.

Keduanya, memberikan sebutan Dren bagi makhluk hidup yang berhasil mereka ciptakan. Dren tumbuh sebagai seorang gadis kecil yang struktur tubuhnya telah distruktur ulang, namun mampu memiliki hubungan emosional yang erat pada kedua penciptanya. Namun, seperti sebuah karma karena telah melawan hukum alam, Dren ternyata tumbuh menjadi sebuah makhluk hidup yang berbahaya dan sangat mematikan.

Splice juga mendapat dukungan dari Guillermo del Toro, yang dikenal sebagai sutradara dengan daya imajinasi yang tinggi dan terbukti lewat karya-karyanya seperti Pan’s Labyrinth, Blade, dan Hellboy II: The Golden Army. Guillermo del Toro duduk di kursi produser pada film Splice ini. Splice akan mendapatkan perhatian internasional pertamanya ketika film ini diputar di ajang Sundance Film Festival yang dmulai di Amerika Serikat pada 22 Januari 2010 mendatang.

Splice (Gaumont/Senator Entertainment, 2010)

Splice (2010)

Directed by Vincenzo Natali Produced by Guillermo Del Toro Written by Vincenzo Natali, Doug Taylor, Antoinette Terry Bryant Starring Adrien Brody, Sarah Polley, David Hewlett Cinematography Tetsuo Nagata Editing by Michele Conroy Studio Gaumont, Senator Entertainment Country Canada, France, United States Language English

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s