Review: Veronika Decides to Die (2009)


Veronika Decides to Die adalah sebuah film drama yang diadaptasi dari novel populer karya novelis asal Brazil, Paulo Coelho. Berbeda dengan versi novelnya, sutradara Emily Young memutuskan untuk memindahkan setting film ini, yang aslinya berada di Slovenia menjadi bersetting di New York pada versi filmnya.

Berkisah mengenai Veronika (Gellar), seorang wanita cantik berusia 24 tahun yang jika dilihat dari luar merupakan seorang wanita sukses yang telah berhasil mendapatkan seluruh impiannya. Namun, di lubuk hati Veronika, ia merasa tertekan dengan kehidupannya selama ini. Merasa tidak sanggup lagi menghadapi hidup, Veronika akhirnya memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan cara mengkonsumsi pil tidur.

LIFE OR DEATH? Veronika memutuskan untuk mengakhiri hidupnya... dan mempertanyakan kembali keputusannya.

Sayangnya, usaha bunuh diri tersebut gagal. Setelah dua minggu koma, Veronika terbangun di sebuah institusi mental dan berada di bawah perawatan Dr Blake (Thewlis). Akibat penyalahgunaan obat tidur tersebut, Veronika dinyatakan menderita lemah jantung dan divonis hanya dapat hidup dalam waktu singkat. Walau skeptis pada awalnya, Veronika ternyata merasa menemukan hidupnya kembali di institusi mental tersebut, termasuk menemukan seorang pria, Edward (Tucker), yang merasa dapat ia cintai.

Kalau Anda sudah membaca novel yang ditulis oleh Paulo Coelho, maka Anda akan menyadari bahwa versi film dari Veronika Decides to Die berjalan lebih sederhana dari jalannya cerita yang ada di novel tersebut. Dengan jalan cerita yang sederhana tersebut, Veronika Decides to Die terkadang terasa sedikit janggal di beberapa bagian dan menggantung di beberapa bagian lainnya. Karakterisasi yang ingin dieksplor oleh sutradara terhadap tokoh Veronika sepertinya terasa kurang, hal yang sama seperti yang dialami oleh tokoh-tokoh lainnya yang ada di jalan cerita film ini.

Lemahnya jalan cerita tentu saja berpengaruh pada akting yang diberikan oleh para jajaran pemerannya. Sarah Michelle Gellar, yang berperan sebagai tokoh utama cerita ini, memang memberikan interpretasi yang tidak buruk atas Veronika. Sayang, karena kurang tergali, Gellar sepertinya terhalang untuk memberikan penampilan menyeluruh sebagai Veronika. Aktor dan aktris pendukung lainnya, seperti Jonathan Tucker, David Thewlis, Melissa Leo dan Erika Christensen, juga memberikan penampilan sederhana yang cukup menarik perhatian.

Salah satu faktor kelebihan film ini adalah tata musik yang disusun oleh komposer Murray Gold. Gold mampu memberikan kesan tersendiri dari setiap adegan yang ada di film ini berdasarkan tata musik yang ia berikan.

Secara keseluruhan, Veronika Decides to Die sama sekali tidak mengecewakan. Namun adalah sangat disayangkan ketika mengetahui salah satu jalan cerita tambahanyang menambah kekompleksitasan jalan cerita terpaksa dihilangkan, sehingga membuat film ini menjadi sebuah film yang terlalu biasa.

Rating: 3 / 5

Veronika Decides to Die (Das Films/Future Films/Muse Productions/PalmStar Entertainment/Velvet Steamroller Entertainment, 2009)

Veronika Decides to Die (2009)

Directed by Emily Young Produced by Sriram Das Written by Paulo Coelho (book), Larry Gross Starring Sarah Michelle Gellar, Jonathan Tucker, Erika Christensen, Melissa Leo, David Thewlis Music by Murray Gold Distributed by First Look International Country United States Language English

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s