First Look: The Killer Inside Me

The Killer Inside Me adalah sebuah film yang merupakan adaptasi dari novel berjudul sama karya Jim Thompson. Disutradarai oleh Michael Winterbottom, ini bukan menjadi kali pertama The Killer Inside Me dibawa ke layar lebar. Sebelumnya, pada 1976, sutradara Burt Kennedy juga memfilmkan novel tersebut dengan bintang Stacy Keach dan Susan Tyrrell.

Yang menarik, proses adaptasi The Killer Inside Me versi terbaru ini sudah berlangsung sejak pertengahan tahun ’80-an. Pada saat itu, nama aktor Tom Cruise direncanakan akan menjadi pemeran utama dalam film ini, dengan didampingi oleh Brooke Shield dan Demi Moore. Rencana tersebut kemudian dibatalkan. Di awal tahun ’90-an, ketika Quentin Tarantino sukses menggarap Pulp Fiction, ia mengungkapkan ketertarikannya untuk mengadaptasi The Killer Inside Me. Tarantino bahkan telah mempersiapkan trio Brad Pitt, Uma Thurman dan Juliette Lewis untuk membintanginya. Sekali lagi, proyek tersebut dibatalkan setelah adanya tragedi 9/11 di Amerika Serikat, dan film ini dianggap terlalu keras untuk dibuat dan dirilis saat itu.

Pada 2003, sutradara Andrew Dominik juga tertarik untuk memfilmkan novel yang dirilis pada tahun 1952 tersebut. Dominik bahkan telah selesai melakukan penulisan naskah adaptasi novel tersebut dan mempersiapkan Leonardo DiCaprio, Charlize Theron dan Drew Barrymoore untuk membintanginya. Namun, entah mengapa, Dominik akhirnya melepaskan proyek ini dan memutuskan untuk memfilmkan The Assasination of Jesse James by the Coward Robert Ford. Sebelum Michael Winterbottom mengambil alih proyek ini, sutradara Marc Rocco sempat memegang proyek ini dengan Casey Affleck, Reese Witherspoon dan Maggie Gyllenhaal sebagai bintang-bintangnya.

Barulah setelah Rocco mengundurkan diri pada menit-menit terakhir, Winterbottom datang untuk menggantikannya. Dengan tetap mempertahankan Casey Affleck, Winterbottom juga melakukan casting terhadap Kate Hudson dan Jessica Alba untuk mendampingi Affleck. Kate Winslet, yang pernah bekerjasama dengan Winterbottom pada film Jude, sempat direncanakan Winterbottom untuk memerankan tokoh Amy Stanton. Namun, setelah bertemu langsung dengan Kate Hudson, Winterbottom yakin bahwa Hudson adalah aktris yang tepat untuk memerankan tokoh tersebut.

Dengan naskah yang diadaptasi oleh John Curran, The Killer Inside Me mengisahkan mengenai Lou Ford (Affleck), seorang sheriff yang bekerja di sebuah kota kecil di Texas. Kalau dilihat dari kesehariannya, Ford adalah seorang sheriff yang biasa saja, penyabar dan seringkali membantu para warga disekitarnya. Namun, Ford menyimpan sesuatu yang ia sebut sebagai ‘penyakit’ di dalam dirinya. ‘Penyakit’ tersebut sebenarnya pernah diketahui oleh kakaknya, dan berhasil disembuhkan. Namun, ‘penyakit’ yang setelah sekian lama terpendam tersebut, akan kembali lagi untuk menghasilkan sebuah tragedi yang brutal dan menyakitkan.

Casey Affleck akan berperan sebagai Lou Ford, sang sheriff. Sementara aktris kate Hudson akan memerankan tokoh Amy Stanton, pacar Ford yang bekerja sebagai guru, Jessica Alba akan berperan sebagai Joyce Lakeland, seorang wanita tuna susila, dan Simon Baker akan berperan sebagai seorang pengacara yang berusaha untuk membuka kedok sang sheriff.

The Killer Inside Me akan diikutsertakan dalam Sundance Film Festival, sebelum dirilis secara luas pada tahun ini.

The Killer Inside Me (2010)

Directed by Michael Winterbottom Written by Screenplay John Curran Novel Jim Thompson Starring Casey Affleck, Jessica Alba Kate Hudson, Liam Aiken, Simon Baker, Bill Pullman, Elias Koteas, Ned Beatty, Zach Josse Studio Revolution Films Country USA Language English

Leave a Reply