Review: Sherlock Holmes (2009)


Jika ada satu orang yang harus disalahkan atas kefanatikan saya terhadap kegiatan membaca berbagai jenis buku ketika saya berada di usia sekolah, maka orang tersebut adalah Ayah saya. Beliau adalah orang yang selalu menanamkan ide bahwa pergi ke perpustakaan daerah adalah ide terbaik untuk menghabiskan waktu selama masa liburan. And it works, actually.

Perpustakaan menjadi tempat favorit saya setiap kali masa liburan sekolah datang. Disana, saya menghabiskan waktu untuk membaca buku-buku mengenai astronomi, mitologi Yunani dan buku-buku bertema detektif, seperti buku Lima Sekawan karya Enid Blyton, The Baby-sitters Club karya Ann M Martin, sampai akhirnya saya berkenalan dengan Sherlock Holmes karya Arthur Conan Doyle.

Menonton Sherlock Holmes, sebuah film yang disutradarai oleh Guy Ritchie, membuat saya teringat kembali akan masa-masa yang saya habiskan untuk membaca karya Doyle tersebut di perpustakaan. Dalam menceritakan Sherlock Holmes, Ritchie sepertinya tidak ingin terlalu jauh melangkah dari sebuah pakem bahwa film ini merupakan adaptasi dari sebuah karya tulisan terkenal. Hal ini dilakukannya dengan tetap menggambarkan detail pemikiran dari seorang Sherlock Holmes ketika ia sedang dalam tugasnya untuk memecahkan suatu misteri.

THREESOME. Law, Downey Jr dan McAdams memberikan penampilan yang baik untuk menghidupkan karakter yang mereka perankan. Hubungan satu sama lain?

Dalam cerita kali ini sendiri, Sherlock Holmes (Downey Jr) digambarkan sedang menghadapi misteri bangkitnya kembali Lord Blackwood (Strong) dari alam kubur. Bersama partner setianya, John Watson (Law), yang sebenarnya ingin menjauhkan diri dari berbagai masalah yang sering ditimbulkan Holmes menjelang pernikahannya dengan Mary Morstan (Reilly), mereka mencari pemecahan misteri yang tepat untuk mencegah Lord Blackwood mewujudkan idenya untuk menjadikan London sebagai langkah awalnya dalam menguasai dunia. Tentu saja, dalam perjalanan pemecahan misteri tersebut, Holmes harus berhadapan dengan misteri lainnya, misteri hati dari seorang wanita bernama Irena Adler (McAdams).

Bagi sebagian orang, menonton penggambaran Guy Ritchie atas Sherlock Holmes mungkin akan sedikit terasa sulit. Bukan apa-apa, Ritchie sepertinya ingin berusaha agar menonton film ini terasa seperti sedang membaca bukunya, yakni dengan tetap menggambarkan bagamana jalan pikiran seorang Sherlock Holmes ketika ia sedang berusaha memecahkan masalahnya. Bukan hal yang buruk sebenarnya, namun mungkin sedikit terkesan membosankan.

Dari departemen akting, para pemeran Sherlock Holmes memberikan penampilan yang sangat memuaskan. Robert Downey Jr, yang pada awalnya banyak diragukan bagaimana cara ia untuk menggambarkan peran detektif legendaris ini, ternyata mampu menjawab semua keraguan yang ada. Downey Jr bermain dengan totalitas dan menunjukkan tingkat kegilaan yang sama seperti tingkat kegilaan dan kerumitan pemikiran seorang Sherlock Holmes. Walau begitu, ada kalanya chemistry yang dihasilkan oleh owney Jr bersama dua rekannya, Jude Law dan Rachel McAdams, kurang begitu terasa. Hal ini tentu saja akan sedikit mengganggu, khususnya pada hubungan Holmes dan Watson yang seharusnya digambarkan sebagai dua sahabat yang sangat erat.

Pujian patut diberikan pada komposer Hans Zimmer, yang di sepanjang film mampu memberikan tambahan nyawa dengan karya music score yang ia hasilkan. Score yang dihasilkan Zimmer begitu mendebarkan, hal ini dapat sangat dirasakan pada score pembuka yang ia berikan di awal film, yang sepertinya akan memompa adrenalin para penontonnya untuk terus menonton Sherlock Holmes. Begitu pula dari sinematografi yang sangat indah dalam menggambarkan suasana kota London di abad 18.

Secara keseluruhan, Guy Ritchie dapat dikatakan lumayan berhasil dalam menghidupkan Sherlock Holmes. Beberapa keluhan yang dirasakan pada pace cerita yang turun naik sepertinya akan sirna ketika Ritchie mampu menghasilkan scene terakhir sepanjang 20 menit yang sangat mendebarkan itu.

Rating: 3.5 / 5

Sherlock Holmes (Silver Pictures/Warner Bros. Pictures/Village Roadshow Pictures, 2009)

Sherlock Holmes (2009)

Directed by Guy Ritchie Produced by Joel Silver, Lionel Wigram, Susan Downey, Dan Lin Written by Michael Robert Johnson, Anthony Peckham, Simon Kinberg (screenplay), Lionel Wigram (story), Arthur Conan Doyle (characters) Starring Robert Downey, Jr., Jude Law, Rachel McAdams, Mark Strong, Kelly Reilly Music by Hans Zimmer Cinematography Philippe Rousselot Editing by James Herbert Studio Silver Pictures Distributed by Warner Bros. Pictures, Village Roadshow Pictures Running time 134 minutes Country United Kingdom, United States, Australia Language English

3 thoughts on “Review: Sherlock Holmes (2009)”

  1. entah kenapa gw ngerasa hubungan persahabatan Sherlock dan Watson di sini sedikit well, “unordinary”. kalo dicari kata yang tepat, mungkin bisa digambarkan dengan kata, “bromance” hahaha

    tapi secara keseluruhan, sih. gw cukup menikmati angle yang cukup fresh dari seorang Sherlock Holmes.

    sebuah film yang cukup menghibur

    setuju dengan rating 3.5/5

  2. Saya suka klaimat ini “Beliau adalah orang yang selalu menanamkan ide bahwa pergi ke perpustakaan daerah adalah ide terbaik untuk menghabiskan waktu selama masa liburan. And it works, actually.” Kebetulan saya mahasiswa ilmu perpustakaan dan Informasi, dan pengalaman Bang Amir hampir mirip dengan yang saya alami, saya suka film, buku dan backpacking semuanya berawal dari bacaan di perpustakaan SMA saya :), maaf kalo agak g’nyambung dgn tulisan di atas. Saya mengikuti blog review Abang, it’s amazing blog…

    salam,

    1. Halo. Itu salah satu tulisan review awal saya tuh. Based on a true story. Terima kasih udah sering mampir di blog saya. Really appreciate it!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s